Berita

Agenda

Kontak

 
Logo

BALAI BESAR LABORATORIUM KESEHATAN LINGKUNGAN

DIREKTORAT JENDERAL KESEHATAN MASYARAKAT

6
Kendalikan Lalat, Cegah Penyakit

Kendalikan Lalat, Cegah Penyakit

Salatiga, 19 Februari 2024 - Lalat merupakan salah satu vektor penyakit yang dekat dengan kita. Lalat dapat menyebabkan diare, penyakit kolera, disentri, dan typus perut. Salah satu jenis lalat yang sering kita temui adalah LALAT RUMAH (Musca domestica). Lalat rumah memiliki ukuran kecil dengan panjang kurang lebih 1 cm. Tubuh lalat ini penuh dengan bulu - bulu halus terutama pada kakinya. Kepalanya berwarna coklat gelap dan memiliki sepasang mata yang cukup besar di banding ukuran kepalanya. Punggungnya terdapat empat buah garis hitam, sedangkan sayapnya berjumlah sepasang dengan warna kelabu dan tembus cahaya. Mulut lalat rumah (probosis) tidak memiliki gigi dan hanya dapat menyerap makanan cair.

Lalat memuntahkan enzim pencernaan melalui proses regurgitasi untuk melunakan dan melarutkan makanan padat agar mudah diserap probosis, Saat hinggap, lalat seringkali juga mengeluarkan kotoran (defekasi). Lalat selalu mengkonsumsi makanan cair, sehingga metabolisme pencernaannya bekerja lebih cepat untuk membuang kotoran. Lalat bahkan defekasi saat sedang makan. Lalat seringkali tertarik bahan organik yang membusuk. Saat hinggap, patogen seperti bakteri, virus dan parasit akan mudah ditularkan ke manusia melalui kaki dan rambut halus pada tubuh lalat. Saat hinggap lalat akan melakukan grooming, yaitu menggosok-gosokan kaki. Grooming bertujuan membersihkan receptor pada bulu dan rambut halus di kaki lalat. Lalat menggunakan reseptor pada kaki untuk mendeteksi adanya nutrisi atau zat kimia pada makanan saat mereka hinggap. Beberapa cara pengendalian lalat dapat dilakukan dengan :

  1. Mengurangi atau menghilangkan tempat perindukan lalat, seperti : kandang ternak, kandang burung, timbunan pupuk kandang, pembuangan kotoran manusia, sampah basah dan organik, tanah yang mengandung bahan organic

  2. Mengu´╗┐rangi sumber yang menarik lalat, salah satunya dengan cara menutup tempat sampah

  3. Mencegah kontak antara lalat dengan kotoran yang mengandung kuman penyakit

  4. Melindung´╗┐i makanan, peralatan makan dan orang yang kontak dengan lalat

Menggunakan perangkap lalat dan atau menggunakan pestisida

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset